Skip to main content

Review langkah menanam cabai 5

CARA MENANAM CABE
 Dalam bercocok tanam cabai yang pertu di- perhatikan adalah pengerjaan tanah, pembenan pupuk kandang, persiapan benih dan pesemaian, penanaman, pemupukan, pengairan, panen, dan pascapanen,

A Pengerjaan Tanah
Pengolahan tanah dilakukan bersamaan dengan kegiatan pesemaian. Hal tersebut dimaksudkan agar pada saat pengerjaan tanah selesai, biblt cabai dapat langsung diptndahkan dari pesemaian ke areal pertanaman. Pekerjaan yang penama dilakukan adaiah mencangkul tanah atau membajaknya. Kemudian, tanah digaru dan batu atau bongkahan tanah yang mengganggu disingkirkan. Setelah itu, dibuat bedengan-bedengan jika tanah tersebut termasuk tanah yang berat atau liat. Setiap bedengan terdiri atas dua jalur tanaman cabai atau satu jalur tanaman cabai. Pekerjaan selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Lubang dibuat dengan ukuran 20 x 20 x 20 cm dan jarak antarlubang 60 x 70 cm.

B. Pemberian Pupuk Kandang dan Pupuk Dasar.

Setelah pembuatan lubang selesai, kemudian diberi pupuk kandang atau kompos 1-2 kg perlubang. Pupuk kandang dapat berupa kotoran ayam. kambing, atau sapi. Kotoran ayam adalah yang terbaik. Pada kotoran sapi atau kambing masih sering terdapat bili rumput yang tidak tercerna sehingga pertanaman cabai lebih cepat ditumbuhi rumput atau gulma lainnya. Jika pupuk kandang sulit didapat, sebagai penggantinya dapat diberikan kompos atau bekas bakaran sampah dapur. Pupuk dasar yang berupa campuran urea, TSP. KCI (1:1:1) dapat diberikan sebanyak 15 gr per lubang tanam. Selain itu, diberi juga insektisida yang biasanya berperan sebagai nimatisida yang berbentuk butiran (granule) sebanyak 1- 2 sendok teh per lubang tanam. Setelah itu, campuran pupuk kandang, pupuk dasar, dan insektisida diaduk-aduk dan dibiarkan selama ± 2 minggu

C. Persiapan Benih dan Pesemaian.

1. Persiapan Benih.
Benih cabai dipilih dari buah yang sudah tua, tetapi belum rontok dari pohonnya. Benih ter- sebut diambil dari tanaman pilihan, yakni tanaman yang produksinya tinggi, vigornya baik, dan bebas dari serangan hama dan penyakit. Sebaiknya, tidak digunakan benih cabai yang dibrli dari pasar karena kualitas benih tersebut tidak dapat diketahui dengan pasti. Benih yang didapat langsung dari petani yang menanam pohon cabai pada umumnya akan terjamin mutunya. Oleh karena itu, sebaiknya membeli benih tersebut pada saat harga cabai murah sehingga biaya untuk pembelian benih dapat ditekan. Benih cabai dapat disimpan 6-12 bulan di tempat yang sejuk dan kering tanpa mengurangi daya kecambahnya.
Benih cabai dikeluarkan dari buah dengan cara mengiris daging buah secara berhati-hati, kemudian benih tersebut dipisahkan dari daging buahnya. Setelah itu, benih dikeringkan dengan cara diangin-anginkan dan serabut atau daging buah yang tertinggal dibuang. Benih yang belum siap ditanam disimpan di dalam botol yang bersih dan kering. Benih yang sudah siap dapat disemaikan di kantong plastik atau di pesemaian.

2. Pesemaian.
Pesemaian adalah melakukan kegiatan di lahan pertanian dengan tujuan mendapatkan produksi yang lebih baik. Dalam pelaksanaan pesemaian harus dipethatikan beberapa hal sebagai berikut.
  1. Pembuatan Bedenganl Sebelum penyebaran benih, bedengan pesemaian terlebih dahulu dibuat. Bedengan ini harus diolah semaksimal mungkin agar kegemburan dan kesuburan tanah dapat terjamin dengan perbandingan jumlah pupuk dasar, yaitu pupuk kandang, TSP, dan KCI.
  2. Perlakuan Benih Sebar Sebelum Disebar. Benih yang belum disebar harus mendapatkan perlakuan terlebih dahulu. Misalnya, perendaman benih di air yang telah diberi zat perangsang seperti 1 cc Acetonik dicampur dengan air 250 cc untuk 500 gr benih. Benih direndam selama ± 24 jam, lalu diopen supaya hangat di kantong plastik dan dapat mengurangi kadar aur benih, juga untuk mempercepat pembentukan daun.
  3. Penebaran atau Penyemaian Benih, Benih disemaikan dahulu supaya bisa mendapatkan bibit yang baik dan yang sehat. Pesemaian berupa bedengan yang ukurannya bisa dibuat bagaimana baiknya. Misalnya, dibuat dengan lebar 0,80 cm x 24 m untuk bibit 500 gr. Setelah benih disebar, di atas benih tersebut ditutupi dengan menggunakan sedikit pupuk kandang atau kompos. Tebalnya kira-kira 1 cm. Selanjutnya, untuk melindungi benih dari sengatan matahari atau siraman air hujan, di atas bedengan diberi mulsa. Selesai ini, bedengan dibuatkan naungan yang posisinya miring.
  4. Pengisian Polybag. Pengisian polybag dilakukan setelah penebaran benih sampai selesai. Sambil menunggu benih dapat dipindahkan, polybag tersebut diisi dengan pupuk kandang penuh.
  5. Peminindahan Bibit ke Kantong Plastik, Biasanya dua minggu setelah penebaran, benih sudah tumbuh dan Siap dipindahkan di polybag. Sebelum dipindahkan ke polybag, terlebih dahulu akar yang panjang harus diluruskan supaya perkembangan menjadi norrnal, di tempat baru ini calon bibit dsebarkan sehingga menjadi bibit yang siap tanam. Bisa ditanam apabila tinggi tanaman mencapai 10-15 cm, atau usia nya mencapai 25 hari sampai satu bulan maka tanaman tersebut dapat ditanam.
  6. Perawatan Bibit di Pesemaian, Selama proses pertumbuhan itu pemeliharaan tentu saja dilakukan seperti penyiraman dua kali sehari dan lebih penting lagi penjagaan terhadap kemungkinan serangan hama dan penyakit. Bedengan ini sering kali diserang semut, jangkrik, dan jamur. Untuk pemberantasan ini, bagi sejenis jamur, terutama yang menyerang pangkal batang,bisa menggunakan dithane, Begitu iuga semut dan jangkrik bisa ditambah dengan Furadan. Cara pernakaiannya dapat ditihat pada label. Jangka waktu aplikasi (penggunaan) bisa di- lakukan seminggu sekali, Cara pemndahan bibit ke polybag adalah Tanaman yang baru dicabut dan pesemaian hams dirnasukkan ke kantong khusus pada akar tunggalnya, Hasil potongan akar tersebut disisakant lebih kurang 1,52cm, Membuat lubang tanam pada kantong polybag dengan menggunakan sebatang kayu yang agak tips untuk memudahkan dalarn penanaman. Dan Tempat pesemaian, baik yang menggunakan \ kantong plastik maupun yang menggunakan bedengan, diberi naungan (atap) dengan arah timur dan barat.
  7. penanaman,  Setelah berumur 30 - 40 hari, bibit cabai sudah cukup kuat untuk dipindahkan ke tempat pertanaman. Akar tanaman diusahakan tidak sampai rusak waktu menyobek kantong plastik. Cetakan tanah yang telah berisi bibit cabai ditetakkan pada lubang yang telah disiapkan, kemudian diuruk tanah dan agak ditekan agar biblt tidak mudah roboh. Cetakan tanah diusahakan tidak pecah atau hancur sebab jika pecah atau hancur dapat mengakibatkan kerusakan akar sehingga tanaman akan layu jika terkena panas Snar matahari. Bibit cabai yang tidak menggunakan kantong plastik, yaitu yang disemaikan dibedengan, pemindahan ke tempat penanaman harus dilakukan dengan hati-hati. Akar tanaman diusahakan tidak putus atau rusak. Pengambilan bibit sebaiknya menyertakan tanah supaya akarnya tidak rusak atau putus. Untuk menghindari kerusakan akar, pesemaian harus diusahakan tidak terlalu rapat. Pemndahan bibit dilakukan pada sore hari, yaitu pada saat matahari sudah tidak terlalu terik. Setelah penanaman, harus dilakukan penyiraman secukupnya. Bibit yang berasal dari kantong Plastik biasanya akan layu, sedangkan bibit yang berasal dari paybag biasanya akan layu samentara sekitar dua atau tiga hari. Layu sementara tersebut tidak membahayakan pertumbuhan cabai. Untuk bibit yang baru dipindah harus tetap disiram dua kali setiap hari. Bibit cabai yang tidak mengalami layu sementara juga perlu disirarn setiap pagi hari dan sore hari selama tiga hari berturut-turut. Bibit cabai yang tidak mengalami layu sementara pertumbuhan awalnya akan lebih baik daripada biblt yang rnengalami layu sementara, tetapi pada akhirnya perbedaan tersebut tidak kelihatan lagi pada waktu penanaman dilakukan juga pemupukan dengan menggunakan pupuk urea, TSP, 10 gr masing-masing. Pupuk urea ditaruh pada tubang tugalan pertama, sedangkan pupuk TSP dan KO ditaruh pada lubang tugalan yang lain yang berjarak 10 - 1 5 cm masing-masing dari bibit dengan arah yang berlawanan, utara- selatan atau timur-barat. Pemisahan antara pupuk kandang urea dan pupuk TSP-KCI dimaksudkan untuk menghindari terjadinya ikatan N-P atau N-K sebab kedua ikatan tersebut tidak dapat atau sulit diserap tanaman.
  8. pemupukan, Pada saat tanaman cabai berumur 30 hari, di pertanaman perlu dilakukan pemupukan lagi dengan urea, TSP, dan KCI, 10-15 gr masing- masing Pemupukan yang sama dilakukan juga pada saat tanaman cabai berumur 60, 90, dan 120 hari, dengan dosis dan jenis yang sama. Setiap melakukan pemupukan, jarak antara tanaman dan pupuk tidak boleh terlalu dekat, kira-ktra 10-15 cm dari tanaman. Pupuk mikro diberikan melalui daun, setiap 10 hari sekali menurut konsentrasi yang dianjurkan setiap jenis pupuk. Pupuk mikro berfungsi untuk memperbanyak bunga dan memperkuat buah agar tidak rontok. Selain itu, pupuk mikro dapat mencegah serangan virus keriting daun. Contoh-contoh pupuk mikro yang cukup baik dan banyak dijual di kios-klOS pertaruan, antara lain, gandasil, bayfolan, greenzit, complesal. Tanaman cabai sangat responsif terhadap pemupukan. Oleh karena itu, pemupukan harus dilakukan secara bertahap. Bagi tanaman cabai keriting, cabai besar, dan cabai paprika, pemupukan cukup dilakukan sampai dengan hari ke-120 karena tanaman cabai masa produktifnya akan berkurang pada bulan ketujuh atau kedelapan. Bagi tanaman cabai rawit yang masa produktifnya sampai dengan dua tahun lebih, pemupukan dapat dilakukan terus setiap 30 hari sekali sampai dengan bulan kedua belas dengan dosis dan jenis yang sama. Dosis pemupukan bergantung juga pada jenis tanah yang digunakan, jenis tanaman sebelumnya, dosis pemupukan, dan jenis pupuk yang digunakan sebelumnya.
  9. pengairan Tanaman cabai pada awal perturnbuhannya memerlukan cukup banyak air untuk pertumbuhan cabang, daun, bunga, dan buah. Tanaman cabai yang kekurangan air produksinya akan rendah Jika tidak hujan selama titga hari berturut-turut, tanaman cabai perlu disiram Untuk keperluan pertumbuhannya, tanaman cabai memerlukan air Akan tetapi, air yang tersedia berlebihan dapat merusak perakaran tanaman Tempat pertanaman cabai, harus diusahakan agar sistern pembuangan airya lancar sehingga tempat penanaman tersebut tidak tergenang air. Untuk keperluan ini perlu dibuatkan selokan-selokan di tepi bedengan.

Popular posts from this blog

Cara mengatasi anak susah makan dengan sebotol Laperma platinum

Orang tua mana yang tak khawatir jika buah hati nya tidak mau makan, sebagai orang tua harus memiliki kesabaran yang ekstra dalam menghadapi kondisi anak yang susah makan setidaknya sampai kembalinya nafsu makan si anak. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa di lakukan agar buah hati memiliki selera makan kembali, salah satu nya dengan memberi anak laperma platinum sebagai suplemen untuk meningkatkan nafsu makan nya. Menggunakan suplemen, apa kah aman untuk anak? Tentu saja aman karena pada dasar nya suplemen terbuat dari bahan alami, ada banyak jenis suplemen yang sudah beredar di pasaran yang semua nya aman untuk di konsumsi, seperti suplemen asam lambung untuk penyakit maag yang juga sudah saya review, termasuk suplemen untuk meningkatkan nafsu makan, dan masih banyak lagi yang lain nya. seperti tema artikel kita kali ini "cara mengatasi anak susah makan dengan sebotol Laperma™ Platinum " , itu dia caranya buat orang tua yang sedang menghadapi buah hati nya y

Review Moto E3 power

REVIEW MOTO E3 Siapa yang menyangka ternyata di balik penampilan nya yang sederhana Lenovo Moto E3 power menyimpan spesifikasi yang luar biasa sebagai smarttphone yang di jual dengan harga terjangkau, berikut kita jabarkan tentang spesifikasi moto E3 power ini : Mengikuti perkembangan layanan internet di indonesia Moto E3 power ini hadir dukungan koneksi 4G yang mampu melesat kencang saat anda melakukan browsing di internet, selain itu moto E3 ini juga di dukung dengan processor Quad core berkecepatan 64-bit, dan 2gb RAM yang membuat anda leluasa saat mengoperasi berbagai aplikasi atau game berat, performa moto E3 ini menjamin anda bisa dengan mudah menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan seperti mendengarkan musik sambil mengedit foto, atau menulis pesan/email sekalian nonton di youtube, hal ini bisa terjadi tanpa halangan di Lenovo Moto E3 ini. Baterai tahan lama 3500 Mah dengan teknologi Rapid charge Satu hal lagi yang menjadi keistimewaan dari moto

Tips agar tidak tertipu review palsu saat belanja online

Sekarang hampir semua orang sudah pernah melakukan nya, mungkin memang karena butuh atau Cuma gengsi dan mengikuti trend, terlepas dari apapun alasan kita belanja online kita juga harus ber hati-hati dengan nama nya review palsu di tempat anda belanja, melihat review dan ulasan yang semua nya positif tentang yang menerangkan bahwa toko tersebut adalah toko terpercaya, tidak ada penipuan, pelayanan yang baik dari pemilik toko. Melihat review dan ulasan yang serba baik dan positif tentu anda menjadi tidak ragu untuk berbelanja di toko tersebut,, eitsss… tunggu dulu apa semua review tersebut benar benar di buat atau di kirim oleh pelanggan toko tersebut ? bagaimana kalau pemilik toko nya membuat akun palsu lalu berpura-pura menjadi pelanggan toko tersebut lalu mengirimkan ulasan dan review positif untuk menarik anda agar mau berbelanja di toko online milik nya. Atau ada kompetitor atau pesaing dari toko tersebut yang sengaja pura-pura jadi pembeli lalu memberikan review dan ulasa