Skip to main content

Review langkah menanam cabai 7

........
4. Kumbang Daun (Epilachna sp.)
      Salah satu species yang merusak tanaman cabai adalah Epilachna varivestis, yang sinonimnya E. corrupta. Kumbang ini dikenal dengan nama unnum mexican bean beetle. Selain menyerang tanaman cabai, hama ini juga merusak tanaman kentang, takokak, kecubung, dan tanaman timun-timunan (Cucurbitaceae).
         Serangan kumbang daun ini menyebabkan daun berlubang-lubang, sedangkan serangan larvanya menyebabkan permukaan daun berbentuk seperti jala karena bagian daun di antara tulang daun habis dirnakan larva. Daun yang terserang menjadi berwarna kuning kecokelatan kemudian mengering. Telur berbentuk lonjong, berwarna kuning, dan pamangnya ± 1,4 mm. Lamanya staciia telur sekitar 15 hari, stadia larva 20-30 hari, dan imago dapat hidup dua butan atau lebih, ber- gantung pada ketersediaan makanan. Betina dewasa dapat bertelur lebih dari 800 butir. Pengendalian yang mungkin dilakukan adalah penanaman cabai secara serentak dan penyemprotan dengan larutan insektisida jika populasinya sudah cukup tinggi.

5. Tungau Merah (Tetranychus bimaculatus).
             Tungau merusak daun, pucuk tanaman, dan tunas muda. Bagian yang terserang tumbuh tidak normal, terjadi perubahan warna, dan akhmya pucuk atau daun mengerupuk dan mengeriting. Bentuk tungau mirip laba-laba, berukuran kurang dari 1 mm. Tungau dewasa berwarna merah dan yang muda berwarna putih kekuningan, Tungau muda yang baru menetas berwarna merah iambu dan mengalami beberapa kali pergantian kulit. Selongsong kulitnya menempel pada daun. Siklus hidupnya diselesaikan dalam waktu sekitar 1 5 hari. Pada musim hujan populasj tungau akan menurun. Usaha pengendalian dilakukan dengan cara menyemprotkan larutan acansida atau insektisida yang bersifat racun kontak.

6. Belalang (Valanga nigricornis)
            Belalang termasuk serangga hama yang ber- sifat polifag (memakan bermacam-macam jenis atau famili tumbuhan). Belalang tidak hanya merusak tanaman cabai di pesemaian, tetapi juga merusak tanaman yang baru dipindahkan ke lapangan. Belalang akan sangat merusak terutama jika serangannya dilakukan secara berkelompok. Apabila menyerang tanaman pada pesemaian tanaman, biasanya belalang memutuskan tunas- tunas kotiledon sehingga bibit tanaman cabai tidak dapat tumbuh dengan sempurna atau bahkan dapat menyebabkan kematian, pada tanaman yang bam dipindahkan dari ternpat pesemaian ke lapangan, biasanya belatang memutuskan tanaman cabai muda sehingga tanarnan tidak akan dapat turnbuh secara normal. Siklus hidup belalang terdiri dari telur, nimfa, dan imago. Nimfa (serangga muda) dan imago (serangga dewasa) menyerang tanarnan cabai di lapangan sæara bersarna-sarna dan hidup pada habitat yang sama pula sehingga pengendalian atau pernusnahnya dapat dilakukan sekaligus bersama-sarna. Pengendalian dilakukan dengan cara me- lindungi pesernaian tanarnan cabai dari gangguan belalang. Tanaman yang barti dipindahkan ke lapangan sebaiknya disemprot insektisida yang bersifat sistematik, racun perut, racun kontak, atau campuran dari ketiga racun tersebut atau dengan menaburkan insektisida butiran di permukaan tanah.

7. Lalat Buah (Dacus dorsalis)
            Lalat buatl mempunyai nama urnum oriental fruit fly. Selain menyerang buah cabai, hama ini Juga menyerang mangga, pisang, jeruk, belimbing, kopi, melon, dan pepaya. Akibat serangan dari Valat ini. buah cabai akan mengalarni salah bentuk atau gugur sebelum masak. Organisme pem- busuk biasanya akan masuk melalui Iuka dan menyebabkan kuahtas buah menjadi sangat rendah. Serangan lalat buah yang berat akan menurunkan produkst buah 50 sampai 80 persen. Telur lalat berbentuk oval dengan panjang 1 mm dan lebarnya 02 mm, Telurnya diletakkan di luar kulit buah pada kedalaman kira-kira 6 mm. Satu atau dua hari kernudian, telur akan menetas dan menuadi larva yang kernudlan akan mengoyak daging buah. Setelah turrbuh serrpurna, pangang larva dapat mencapat 10 mm. Kemudian, larva akan menjadl pupa, pindah dan berada di bawah permukaan tanah dengan kedalaman 1-5 cm. Siklus lalat buah, dan telur sampai imago diselesalkan selama 25 hari. Usaha pengendalian meliputi pernusnahan buah cabai yang sudah gugur dan mengandung larva dengan menyemprotkan insektisida dengan bahan aktlf niflutrin, prefenofos, dan frottofos.

H. Penyakit Bercak Daun
             Penyebab penyakit ini ialah cendawan Cercospora spp. Tanarnan cabai yang terserang cendawan ini, pada daunnya akan timbul bercak- bercak kecil. Lama-kelamaan, bercak-bercak kecil ini akan membesar, dan akhirnya daun cabal akan berguguran. Penyakit ini dikembang- kan dengan sangat cepat, terutama pada musim hujan, Serangan yang ringan hanya akan mengurangi produksi buah cabai, sedangkan pada serangan yang berat akan dapat memati- kan tanaman. Pengendalian dilakukan dengan mengatur jarak tanam, pemangkasan daun-daun yang telah terserang dan membakamya, serta penyemprotan dengan fungisida.

Popular posts from this blog

Cara mengatasi anak susah makan dengan sebotol Laperma platinum

Orang tua mana yang tak khawatir jika buah hati nya tidak mau makan, sebagai orang tua harus memiliki kesabaran yang ekstra dalam menghadapi kondisi anak yang susah makan setidaknya sampai kembalinya nafsu makan si anak. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa di lakukan agar buah hati memiliki selera makan kembali, salah satu nya dengan memberi anak laperma platinum sebagai suplemen untuk meningkatkan nafsu makan nya. Menggunakan suplemen, apa kah aman untuk anak? Tentu saja aman karena pada dasar nya suplemen terbuat dari bahan alami, ada banyak jenis suplemen yang sudah beredar di pasaran yang semua nya aman untuk di konsumsi, seperti suplemen asam lambung untuk penyakit maag yang juga sudah saya review, termasuk suplemen untuk meningkatkan nafsu makan, dan masih banyak lagi yang lain nya. seperti tema artikel kita kali ini "cara mengatasi anak susah makan dengan sebotol Laperma™ Platinum " , itu dia caranya buat orang tua yang sedang menghadapi buah hati nya y

Review Moto E3 power

REVIEW MOTO E3 Siapa yang menyangka ternyata di balik penampilan nya yang sederhana Lenovo Moto E3 power menyimpan spesifikasi yang luar biasa sebagai smarttphone yang di jual dengan harga terjangkau, berikut kita jabarkan tentang spesifikasi moto E3 power ini : Mengikuti perkembangan layanan internet di indonesia Moto E3 power ini hadir dukungan koneksi 4G yang mampu melesat kencang saat anda melakukan browsing di internet, selain itu moto E3 ini juga di dukung dengan processor Quad core berkecepatan 64-bit, dan 2gb RAM yang membuat anda leluasa saat mengoperasi berbagai aplikasi atau game berat, performa moto E3 ini menjamin anda bisa dengan mudah menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan seperti mendengarkan musik sambil mengedit foto, atau menulis pesan/email sekalian nonton di youtube, hal ini bisa terjadi tanpa halangan di Lenovo Moto E3 ini. Baterai tahan lama 3500 Mah dengan teknologi Rapid charge Satu hal lagi yang menjadi keistimewaan dari moto

Tips agar tidak tertipu review palsu saat belanja online

Sekarang hampir semua orang sudah pernah melakukan nya, mungkin memang karena butuh atau Cuma gengsi dan mengikuti trend, terlepas dari apapun alasan kita belanja online kita juga harus ber hati-hati dengan nama nya review palsu di tempat anda belanja, melihat review dan ulasan yang semua nya positif tentang yang menerangkan bahwa toko tersebut adalah toko terpercaya, tidak ada penipuan, pelayanan yang baik dari pemilik toko. Melihat review dan ulasan yang serba baik dan positif tentu anda menjadi tidak ragu untuk berbelanja di toko tersebut,, eitsss… tunggu dulu apa semua review tersebut benar benar di buat atau di kirim oleh pelanggan toko tersebut ? bagaimana kalau pemilik toko nya membuat akun palsu lalu berpura-pura menjadi pelanggan toko tersebut lalu mengirimkan ulasan dan review positif untuk menarik anda agar mau berbelanja di toko online milik nya. Atau ada kompetitor atau pesaing dari toko tersebut yang sengaja pura-pura jadi pembeli lalu memberikan review dan ulasa