Skip to main content

Review Graha raya bintaro pasarkan perumahan baru

Graha raya bintaro pasarkan perumahan baru di tangerang. 

Rumah adalah mimpi bagi semua orang, baik rumah mewah, rumah murah, rumah sederhana apapun jenis nya pasti ada orang yang mengimpikan nya, artikel kali ini akan membahas tentang perumahan baru di Graha raya bintaro, apa itu graha raya bintaro ?

Graha Raya Bintaro adalah perumahan atau tempat hunian kompleks mewah yang tujuan pemasaran nya adalah untuk menengah keatas meskipun tapi tidak ada batasan golongan untuk siapapun yang boleh membeli atau memiliki perumahan Graha Raya. perumahan ini berlokasi di daerah Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan yang sangat strategis karena merupakan daerah segitiga emas Kota Tangerang Selatan dan sebagian Kota Tangerang yakni Bintaro, Serpong dan Ciledug, serta berbatasan langsung dengan perumahan Alam Sutera, sekaligus merupakan daerah yang  memiliki nilai komersial yang tinggi sehingga dengan memiliki properti atau perumahan di graha raya bintaro sangat menguntungkan cocok untuk berbisnis atau menjalankan usaha.
Graha Raya Bintaro dulunya bernama Kebayoran Regency yang dikembangkan oleh  PT Panca Muara Jaya, milik kelompok usaha Kalbe, yang kemudian di ambil alih oleh PT. Jaya Real Property dan kemudian berubah nama menjadi Graha Raya. PT. Jaya Real Property yang bergerak dibidang Real Estate sejak tahun 1997 telah mengembangkan perumahan Bintaro Jaya yang dikenal dengan Perumahan Graha Raya nya dengan luas lahan pengembangan 350 ha dan sudah dikembangkan 2/3 nya.
visi Graha Raya Bintaro
 Menjadi salah satu pengembang dan pengelola properti terbaik di Indonesia.
misi Graha Raya Bintaro
Mencapai pertumbuhan pendapatan di atas rata-rata pertumbuhan industri real estat dan properti di Indonesia. Memberi produk dan pelayanan yang bermutu yang memuaskan konsumen. Membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan iklim kerja yang baik untuk mencapai kinerja yang tinggi. Mengoptimalkan produktifitas seluruh sumber daya yang dimiliki demi manfaat konsumen, pemegang saham dan karyawan. Peduli pada aspek sosial dan lingkungan di setiap unit usaha.
Perumahan baru di Tangerang hunian Graha Raya Bintaro 

Viola Residence
viola residence dengan konsep thematic garden seluas 3,6h dan memperbanyak penghijauan menjadikan cluster viola pilihan keluarga bahagia di tunjang oleh fasilitas dekat dengan sekolah SD s/d SMP,Mall living word,Mall alam sutera,shutle bus,klub keluarga,Akses jalan tembus dari discovery bintaro Jaya sektor 9 langsung ke boulevard Graharaya (On progres),Giant supermarket,McD dan jajanan rumah makan sepanjang jalan bulevard Graharaya.

Dengan cara bayar yang flexible dan bisa KPR (Dp bisa 20% di bagi 12x) Untuk proses KPR di bantu di fasilitasi oleh depelover yang bekerja sama dengan BankMandiri,  BCA, ,BNI, BRI, ,danamon, permata, buana.
Fortune Teracce 
Di sampaikan di tengah-tengah acara gathering tim Graha Raya Bintaro, tim Graha raya Bintaro memperkenalkan distrik terbaru yaitu Fortune Terrace yang telah launching pada tanggal 18 oktober 2014 sebelum nya, Fortune terrace ini di bangun di atas lahan seluas 40 ha sekaligus sebagai distrik terbesar yang pernah di bangun di Graha Raya Bintaro sejauh ini, dan sekedar informasi bagi konsumen yang berminat perumahan baru ini beralamatkan di Jalan Boulevard utama Graha Raya merupakan posisi paling strategis di Graha raya yang memberi kemudahan Akses dari Exit Tol Alam Sutera, Tol Jorr, dan berbagai Mall disekitaran Bintaro, Alam Sutera, dan Serpong. Fortune Terrace juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti Club House, Jongging Track, dan sebagainya.
Perumahan di Graha Raya Bintaro :
1.  Viola Residence
viola residence
Perumahan di Viola Ressidence ini memiliki dua type denah bangunan yaitu tipe raissa dan type rosalyn.
Lokasi klaster seluas 3,5 ha ini berdampingan dengan klaster Ayana Residence yang tidak jauh dari Klub Keluarga yang menyediakan berbagai fasilitas olah raga, seperti kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, mini water boom, lapangan bulutangkis indoor, lapangan tenis, dll.
Menurut Thomas Judilesmana, GM Graha Raya, pada tahap pertama hanya dipasarkan sekitar 100 unit dulu, terdiri atas dua tipe 56/72 dengan kamar 2+1, dan tipe 66/72 dengan kamar 3+1. Harga jualnya masing-masing mulai Rp780 juta dan Rp880 juta, belum termasuk PPN. Uang muka minimal 20 persen dapat dicicil 18 kali selama satu setengah tahun.

2. Fortune Terrace
fortune terrace
Sama dengan perumahan sebelum nya yang memiliki beberapa type denah bangunan Fortune Terrace memiliki tiga denah bangunan yang berbeda yaitu New Blossom, Blossom dan Sierra.
Fortune adalah distrik seluas 40 hektar yang akan dibangun menjadi beberapa cluster. Fortune Terrace, seluas 3 hektar,  merupakan cluster keempat. Elis Astuti selaku Marketing Manager PT Jaya Real Property Tbk, pengembang Graha Raya, menyatakan bahwa pihaknya memberikan promo special bagi 40 unit pertama yang berlaku sampai akhir September 2014 mendatang. “Promo ini berupa uang muka ringan, hanya 10 persen dan dapat diangsur 10 kali. Promo ini hasil kerjasama dengan bank BCA,” jelas Elis pada housing-estate.com di Jakarta, Jumat (29/8/2014). - See more at: http://www.peluangproperti.com/berita/berita-properti/2014-08/4716/graha-raya-lansir-rumah-rp-900-jutaan-di-fortune-terrace#sthash.Ur4nDFVq.dpuf
Fortune adalah distrik seluas 40 hektar yang akan dibangun menjadi beberapa cluster. Fortune Terrace, seluas 3 hektar,  merupakan cluster keempat. Elis Astuti selaku Marketing Manager PT Jaya Real Property Tbk, pengembang Graha Raya, menyatakan bahwa pihaknya memberikan promo special bagi 40 unit pertama yang berlaku sampai akhir September 2014 mendatang. “Promo ini berupa uang muka ringan, hanya 10 persen dan dapat diangsur 10 kali. Promo ini hasil kerjasama dengan bank BCA,” jelas Elis pada housing-estate.com di Jakarta, Jumat (29/8/2014). - See more at: http://www.peluangproperti.com/berita/berita-properti/2014-08/4716/graha-raya-lansir-rumah-rp-900-jutaan-di-fortune-terrace#sthash.Ur4nDFVq.dpuf
Fortune adalah distrik seluas 40 hektar yang akan dibangun menjadi beberapa cluster. Fortune Terrace, seluas 3 hektar,  merupakan cluster keempat. Elis Astuti selaku Marketing Manager PT Jaya Real Property Tbk, pengembang Graha Raya, menyatakan bahwa pihaknya memberikan promo special bagi 40 unit pertama yang berlaku sampai akhir September 2014 mendatang. “Promo ini berupa uang muka ringan, hanya 10 persen dan dapat diangsur 10 kali. Promo ini hasil kerjasama dengan bank BCA,” jelas Elis pada housing-estate.com di Jakarta. Kelebihan Fortune Terrace adalah memiliki jalan bulevar yang lebar dan 30 persen areanya digunakan untuk penghijauan.  Desainnya modern minimalis dengan beragam inovasi jadi bentuknya lebih bagus ketimbang cluster sebelumnya. Layout ruangan didesain untuk kebutuhan keluarga muda, dan letak dapur lebih personal.

Kelebihan Fortune Terrace adalah memiliki jalan bulevar yang lebar dan 30 persen areanya digunakan untuk penghijauan.  Desainnya modern minimalis dengan beragam inovasi jadi bentuknya lebih bagus ketimbang cluster sebelumnya. Layout ruangan didesain untuk kebutuhan keluarga muda, dan letak dapur lebih personal. - See more at: http://www.peluangproperti.com/berita/berita-properti/2014-08/4716/graha-raya-lansir-rumah-rp-900-jutaan-di-fortune-terrace#sthash.Ur4nDFVq.dpuf
3. Ayanna Residence
ayanna residence
Ayanna residence memiliki tiga tipe yaitu Type Ayanna 6x12A, Type Ayanna 6x12B, dan Type Ayanna 7x12C.
Cluster Ayanna Residence terdiri atas tiga tipe hunian. Yaitu, tipe Ardice Standar dengan luas bangunan 56 m2 dan luas tanah 72 m2, Ardice Premium (66,25/72 m2), dan Amaranta (83/84 m2). Dua tipe terakhir memiliki tiga kamar tidur dan satu ruang tidur pembantu. Khusus tipe Ardice Standar hanya memiliki dua kamar tidur plus satu kamar tidur pembantu.
Di dalam cluster, akan terdapat taman lingkungan, yang dilengkapi dengan jogging track dan children playground. Taman tersebut langsung tampak begitu masuk gerbang cluster. “Hunian Ayanna Residence sangat cocok bagi pasangan muda dan masih memiliki anak-anak kecil,” ucap Helmi Medina, Manajer Promosi Graha Raya.
Keistimewaan lain, seluruh utilitas berada di bawah tanah. Dengan demikian, lingkungan cluster tampak lebih rapi dan tertata apik. Produk unggulan terbaru dari Graha Raya ini juga memiliki banyak keunggulan. Selain strategis, karena dekat dengan akses tol Alam Sutra dan telah tersedia segala fasilitas yang dibutuhkan warga. Antara lain, Klub Keluarga Graha Raya, shuttle bus menuju Sudirman, Giant Supermarket, Pasar Segar, dan masih banyak lagi. Ini merupakan keunggulan komparatif yang jarang dimiliki oleh pemukiman lain. 
Soal harga? Cluster Ayanna Residence dipasarkan mulai harga Rp 700 jutaan. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai Ayanna Residence dan produk Graha Raya lain, Anda dapat mengunjungi kantor pemasaran di Jalan Boulevard Graha Raya atau menghubungi nomor telpon 5312 3000.
4. Fortune Belleza
fortune belleza
type denah Belleza : Type Orchita 110/105, Type Carnation 122/120, dan Type Tulipa 147/135.
Fortune Belleza merupakan produk yang baru dari Graha raya bintaro. Desain bersifat eksterior dan interior yang tertata apik,lingkungan sekitar Distrik Fortune yang segar dan hijau , mampu menimbulkan kesan menyenangkan bagi siapapun yang bermukim. Dengan suasana alam yang begitu kental di Distrik Fortune, menjadikan Fortune Belleza, cluster bernuansa Tropis.

Fortune Belleza memiliki kontur bangunan yang memikat dengan fasad berbentuk limas dan menggunakan jendela kaca panjang, dan lebar. Fortune Belleza menawarkan nuansa semi resor yang eksotis. Pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik terakomodir dengan maksimal,di bagian dalam rumah terdapat space taman yang siap dihuni, tanaman hijau dan bunga yang elok. Letaknya tepat di depan kamar utama. Lantai atas tak hanya kamar saja, melainkan disediakan ruang keluarga yang cukup luas.

Selain tampak tropis, Fortune Belleza juga menerapkan green living yang bukan hanya mengikuti tren hunian terkini, namun sudah menjadi perhatian dari Graha Raya untuk memakai produk-produk yang ramah lingkungan. Sehingga, memberikan dampak positif bagi para konsumen.

Tampilan yang beragam memberikan keunggulan untuk cluster baru ini. Harga yang ditawarkan mulai Rp.1.5 milliar. Terdapat tiga tipe rumah yang disesuaikan dengan luas tanah dan luas bangunan. Tipe kecil berukuran 110/105 m2 ,dan tipe besar 147/135 m2. Jumlah kamar tipe kecil dan sedang, yaitu tiga kamar tidur plus satu kamar tidur pembantu. Sedangkan, tipe besar 4+1. Tipe kecil hanya memiliki satu carport. Khusus tipe besar,ada tambahan garasi.

Graha Raya memang memberikan sentuhan yang berbeda pada produk yang satu ini. Di samping karena nuansa dari distrik yang menaunginya, Fortune Belleza tampil dengan pesona yang dicari-cari oleh para konsumen. Graha Raya memang area perumahan yang memenuhi syarat sebagai pilihan hunian. Selain mengedepankan kehijauan, Graha Raya strategis,karena dekat dengan akses tol Alam Sutra dan segala fasilitas yang dibutuhkan. Beberapa fasilitasnya seperti Giant supermarket, Pasar segar dan masih banyak lagi.
5.  Cornelia Residences
perumahan cornelia residences
hanya meiliki satu jenis type denah bangunan yaitu Type Cornelia 108/127.
Di Cornelia Residences telah di lunching 2013 lalu, Graha Raya memasarkan tipe 108 yang memiliki dua pilihan luas tanah yaitu 7x14 m2 dan 7x15 m2. Dilengkapi dengan tiga kamar tidur plus satu kamar tidur pembantu. Setiap hunian juga memiliki carport dan balkon. Dengan harga Rp 1,1 miliaran, Anda dapat membayar dengan dua cara, tunai dan KPR. Untuk kemudahan pembayaran, uang muka bisa diangsur sebanyak sembilan kali.
Dengan menampilkan rancangan Tropis Modern Minimalis, Cornelia Residences dipercaya bakal memikat para pemburu rumah bermutu. Dalam hal desain, Graha Raya sengaja memberikan Cornelia sentuhan yang sama denga Fiera Residences, yang kini telah sold out. Mengapa? karena banyak konsumen yang kesengsem dengan produk rilisan tahun 2012 lalu.
6. Neo Gardenia
perumahan baru di tangerang neo gardenia
perumahan yang satu juga hanya meiliki satu denah pembangunan yaitu Type Neo Gardenia 98/107

Lokasi ini berada di cluster Gardenia Loka. Ini merupakan salah satu cluster yang telah eksis dan memiliki lingkungan yang sudha terhuni. Neo Gardenia nantinya akan dihuni oleh 50 unit rumah dengan luas tanah 98 m2 dan luas bangunan 107 m2.
Tiap rumah memiliki tiga kamar tidur plus satu kamar tidur pembantu. Kamar tidur utama berada di lantai kedua. Tersedia beberapa tipe yang dapat Anda pilih, yaitu tipe standar, tipe sudut, dan tipe khusus. Tipe terakhir memiliki tambahan tanah di belakang. Harganya Rp 1 miliaran
Tak hanya memikat, produk baru ini terletak di lokasi yang sangat strategis. Tepatnya, di sisi Jalan Boulevard Graha Raya. Di sekitar cluster, sudah ada beberapa fasilitas pelengkap kebutuhan warga. Antara lain, Klub Keluarga Graha Raya, Giant Supermarket, dan McDonald’s. Bahkan, lokasinya hanya berjarak sekitar 50 meter dari fasilitas-fasilitas tersebut. Belum lagi, akan segera dilengkapi dengan Seven Eleven di dalam Klub Keluarga Graha Raya bintaro.
Selain itu, di kawasan hunian Graha Raya sendiri sudah ada Pasar Segar, Sekolah Abdi Siswa, dan lembaga-lembaga pendidikan lain. Pokoknya, tinggal di Graha Raya, semuanya sudah tersedia lengkap. Bila ingin berkunjung ke mal di sekitar Alam Sutera, lokasi Neo Gardenia juga memiliki akses yang cepat, mudah, dan dekat.
Berkaitan dengan nilai kawasan, Graha Raya boleh disebut sebagai kawasan hunian yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Nilai hunian pun meningkat drastis. Boleh dibilang, kelas perumahannya telah naik. Harga rumah yang dipasarkan sudah mulai di kisaran Rp 1 miliaran.
Di samping Neo Gardenia, Graha Raya juga masih memiliki produk andalan, seperti Fortune Breeze, Fortune Belleza, dan Cornelia Residences, yang lokasinya berdekatan dengan Pasar Segar Graha Raya. Jadi, segerakan langkah Anda ke Graha Raya. Pilihlah produk yang paling disukai untuk dijadikan tempat tinggal Anda dan keluarga
Jangan ragu-ragu pula untuk mengunjungi kantor pemasaran di Jalan Boulevard Graha Raya. Atau, jika butuh informasi tentang produk hunian yang lebih lengkap, dapat menghubungi nomor telepon 5312 3000.
7. Fiera Residences
perumahan graha raya
FIERA Tipe 108/98 menjadi satu-satunya type yang dimiliki Fiera Residences.






8. Neo Eldora
perumahan graha raya
Type Eldar 69/72 dan Type Elettra 95/84 menjadi dua type andalan dari Neo Eldora.






9. Cluster Fortune Brezze
rumah di graha raya bintaro
Disini anda dapat memilih beberapa Type yang telah di sediakan yaitu AURA tipe 69/72 dengan 2 kamar tidur dan 1 kamar pembantu, ANIMA tipe 86/84 dengan 3 kamar tidur dan 1 kamar pembantu dan terakir ada tipe VIENTO ukuran 95/96yang memiliki kamar tidur ditambah 1 kamar pembantu.



10. Cluster Fortune Spring
perumahan graha raya bintaro
Agar pembeli bisa memilih hunian yang sesuai dengan selera karena itulah pihak Graha raya menyediakan berbagai tipe yang bisa dipilih yaitu Type SILVIA ukuran 42/90 dengan 2 kamar tidur, ada juga Type RIVINNA dengan ukuran 53/90 dengan 2 kamar tidur + kamar pembantu dan type terakhir ada RUSELLIA 65/105 dengan 3 kamar tidur dan 1 kamar pembantu.


11. Cluster Melia Garden
perumahan di graha raya di bintaro
Cluster Melia Garden dengan pilihan Type yaitu ALISHA tipe 70/120 dengan 3 kamar tidur dan 1 kamar pembantu, ANNORA tipe 110/135 dan juga memiliki 3 kamar tidur dan 1 kamar pembantu, AMABEL 135/150 dengan 3 kamar tidur dan 1 kamar pembantu dan tipe terakhir dengan ukuran paling besar adalah ADONIA 160/204 dengan 4 kamar tidur dan 1 kamar pembantu.


12. Cluster Melia Grove
perumahan graha raya
Melia Grove memiliki 3 tipe yang dapat menjadi pilihan ada MELBA 70/120 dengan 3 kamar tidur dan 1 kamar pembantu, kemudian ada MELOSA 110/135 yang memiliki 3 kamar tidur + 1 kamar pembantu, terkhir ada MAGNOLIA 135/150, 3 kamar tidur dan 1 kamar pembantu.



13. Cluster Gretta
hanya terdapat satu tipe di cluster ini yaitu GRETTA tipe 60/112 yang dilengkapi 2 kamar tidur dan 1 kamar pembantu.






Beberapa fasilitas - fasilitas Graha Raya Bintaro
Sport Facilities
sport facilities
 Education Facilities
 Bussines Facilities
bussines facilities
 Shopping Facilities
shopping facilities
 Transportation/Access Facilities
transportasi ke graha raya bintaro

kelebihan memiliki atau membeli perumahan di Graha Raya Bintaro di antaranya :
  • 10 menit dari Exit Tol Alam Sutera
  • Akses tol JORR W2N langsung ke Bandara dan pusat kota Jakarta
  • Jalan Utama Bintaro-Graha Raya
  • 5 menit dari Mal Living World & Rumah Sakit Internasional
  • Fasilitas: Klub Keluarga; Giant Supermarket, Sekolah; Pasar Segar; Flavor Bliss
  • Shuttle Bus Graha Raya-Sudirman-Graha Raya.
Wahh... sobat blogger gak terasa dari tadi sudah banyak materi yang telah kita paparkan tentang review perumahan di Graha Raya jika masih kurang memuaskan mari kita lihat video tentang Graha Raya Bintaro lokasi strategis berikut :


Dan juga jangan lupa ikutan Blog Contes Writing Competition tentang graha raya bintaro ada banyak hadiah yang disediakan.

Bintaro Jaya Blog Writing Competition 2014
Referensi Artikel :
  • http://www.graharaya.com/facilities
  • http://www.graharaya.com/products
  • http://www.graharaya.com/profile
  • http://www.graharaya.com/multimedia#
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Graha_Raya
  • http://graharaya.com/jago-ngeblog/index.php?i=&s=11
  • http://graharaya.com/jago-ngeblog/index.php?i=&s=12
  • http://graharaya.com/jago-ngeblog/index.php?i=&s=13
  • 07oke.blogspot.com/2014/10/graha-raya-bintaro.html
  • http://www.graharaya.com/Cornelia-Residences---Tahun-Baru-Cluster-Baru
  • http://www.peluangproperti.com/berita/berita-properti/2014-08/4716/graha-raya-lansir-rumah-rp-900-jutaan-di-fortune-terrace
  • http://www.graharaya.com/Ayanna-Residence-Hunian-Eksklusif-untuk-Pasangan-Muda
  • http://www.olx.co.id/iklan/fortune-belleza-graha-raya-54896652.html



Popular posts from this blog

Cara mengatasi anak susah makan dengan sebotol Laperma platinum

Orang tua mana yang tak khawatir jika buah hati nya tidak mau makan, sebagai orang tua harus memiliki kesabaran yang ekstra dalam menghadapi kondisi anak yang susah makan setidaknya sampai kembalinya nafsu makan si anak. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa di lakukan agar buah hati memiliki selera makan kembali, salah satu nya dengan memberi anak laperma platinum sebagai suplemen untuk meningkatkan nafsu makan nya. Menggunakan suplemen, apa kah aman untuk anak? Tentu saja aman karena pada dasar nya suplemen terbuat dari bahan alami, ada banyak jenis suplemen yang sudah beredar di pasaran yang semua nya aman untuk di konsumsi, seperti suplemen asam lambung untuk penyakit maag yang juga sudah saya review, termasuk suplemen untuk meningkatkan nafsu makan, dan masih banyak lagi yang lain nya. seperti tema artikel kita kali ini "cara mengatasi anak susah makan dengan sebotol Laperma™ Platinum " , itu dia caranya buat orang tua yang sedang menghadapi buah hati nya y

Review Moto E3 power

REVIEW MOTO E3 Siapa yang menyangka ternyata di balik penampilan nya yang sederhana Lenovo Moto E3 power menyimpan spesifikasi yang luar biasa sebagai smarttphone yang di jual dengan harga terjangkau, berikut kita jabarkan tentang spesifikasi moto E3 power ini : Mengikuti perkembangan layanan internet di indonesia Moto E3 power ini hadir dukungan koneksi 4G yang mampu melesat kencang saat anda melakukan browsing di internet, selain itu moto E3 ini juga di dukung dengan processor Quad core berkecepatan 64-bit, dan 2gb RAM yang membuat anda leluasa saat mengoperasi berbagai aplikasi atau game berat, performa moto E3 ini menjamin anda bisa dengan mudah menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan seperti mendengarkan musik sambil mengedit foto, atau menulis pesan/email sekalian nonton di youtube, hal ini bisa terjadi tanpa halangan di Lenovo Moto E3 ini. Baterai tahan lama 3500 Mah dengan teknologi Rapid charge Satu hal lagi yang menjadi keistimewaan dari moto

Tips agar tidak tertipu review palsu saat belanja online

Sekarang hampir semua orang sudah pernah melakukan nya, mungkin memang karena butuh atau Cuma gengsi dan mengikuti trend, terlepas dari apapun alasan kita belanja online kita juga harus ber hati-hati dengan nama nya review palsu di tempat anda belanja, melihat review dan ulasan yang semua nya positif tentang yang menerangkan bahwa toko tersebut adalah toko terpercaya, tidak ada penipuan, pelayanan yang baik dari pemilik toko. Melihat review dan ulasan yang serba baik dan positif tentu anda menjadi tidak ragu untuk berbelanja di toko tersebut,, eitsss… tunggu dulu apa semua review tersebut benar benar di buat atau di kirim oleh pelanggan toko tersebut ? bagaimana kalau pemilik toko nya membuat akun palsu lalu berpura-pura menjadi pelanggan toko tersebut lalu mengirimkan ulasan dan review positif untuk menarik anda agar mau berbelanja di toko online milik nya. Atau ada kompetitor atau pesaing dari toko tersebut yang sengaja pura-pura jadi pembeli lalu memberikan review dan ulasa