Skip to main content

Cara Membuat Artikel Review

Cara membuat artikel review

Cara Membuat Artikel review

Sebelum lanjut ke pengertian dan cara membuat artikel review, saya mau memperkenalkan terlebih dahulu blog saya yaitu http://www.ruangreview.com , ruangreview.com adalah blog yang berisi artikel-artikel review, atau blog yang dibuat khusus untuk mereview suatu karya, karya tersebut dapat berupa kendaraan, perusahaan, buku, dan benda lain yang di uraikan ke dalam bentuk tulisan.

Review adalah jenis teks atau tulisan yang isinya berupa tinjauan tentang suatu karya, yang membahas tentang asal-usul, kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi suatu karya atau produk dapat berupa kendaraan, perusahaan, rumah, jasa, gadget dan bentu benda lain nya.
Baca : Review Oppo R7s

karya yang dimaksud adalah barang atau produk atau jasa dan layanan yang keberadaan, atau ada nya barang tersebut karena atau akaibat ciptaan, buatan, seseorang atau berkelompok seperti organisasi atau perusahaan.sesuai dengan arti kata karya menurut KBBI.



Untuk membuat artikel review kita harus mengetahui tata cara susunan atau tahapan-tahapan tentang bagaimana membuat artikel review yang baik dan benar.

langkah atau tahapan dalam membuat artikel review :

  1. Kata Pendahuluan
  2. Latar Belakang Produk
  3. Spesifikasi Produk
  4. Kelebihan atau Keunggulan Produk
  5. Kelemahan atau Kekurangan Produk
  6. Kesimpulan Produk

1. Kata Pendahuluan

dalam paragraf pendahuluan cukup jelaskan tentang alasan mengapa kita menuliskan tentang review produk tersebut.

2. Latar Belakang Produk

pada bagian latar belakang isi dengan keterangan selengkap nya tentang:
  • kapan produk atau jasa tersebut diproduksi.
  • Alasan kenapa produk diproduksi
  • siapa yang memproduksi produk tersebut
  • dan apa merek produk tersebut. 
boleh tambahkan keterangan lain yang mendukung tentang produk tersebut agar artikel jadi lebih panjang jika diperlukan.

3. Spesifikasi Produk

pada bagian jelaskan sedetail-detail nya tentang:
  • Bahan baku produ
  • Cara memperoleh bahan baku darimana
  • Ukuran perbandingan antar campuran bahan baku
  • Cara pengolahan
  • Cara pengemasan dan penyimpanan.
jika kita tidak memiliki sumber yang lengkap dan terpercaya untuk membuat penjelasan yang sangat detail cukup jelaskan secara garis besarnya saja, atau kita membuat link ke website produsen nya.

4. Kelebihan atau Keunggulan Produk

pada bagian usaha kita menjelaskan mengenai kelebihan produk tersebut berbeda dengan yang telah di tulis oleh produsen nya atau orang yang memproduksi nya tetapi memiliki makna dan tujuan yang sama.

5. Kelemahan atau Kekurangan Produk

pada bagian ini kita jangan sekali-kali menjelaskan secara detail, seandainya anda menjelaskan secara mendetail maka akan ada resikonya buat kita, Resikonya review yang kita buat tidak akan disetujui atau jika merugikan kita bisa di tuntut oleh pihak terkait, Cukup jelaskan secara garis besarnya saja, yang dipakai sebagai argumen perbandingan dari produk tersebut.

6. Kesimpulan atau Resume Produk

pada tahapan ini sebaik nya berisi kalimat ajakan kepada konsumen atau orang lain untuk memakai, menggunakan, mengunjungi atau membuka website produk atau karya yang kita review, buat lah kalimat-kalimat pada kesimpulan ini yang dapat membuat orang lain terpesona dan beranggapan bahwa produk atau karya yang kita review tersebut adalah pilihan yang terbaik.

saya rasa penjelasan di atas sudah cukup untuk di jadikan acuan dalam membuat artikel review, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa lihat contoh artikel review di ruangreview.com seperti review bebasbayar untuk yang malas atau tidak punya waktu untuk pergi keluar bayar tagihan atau anda sedang mencari mobil yang cocok untuk bepergian bersama keluarga? saya sarankan anda baca artikel tentang review MPV Nissan serena ini.






Popular posts from this blog

Cara mengatasi anak susah makan dengan sebotol Laperma platinum

Orang tua mana yang tak khawatir jika buah hati nya tidak mau makan, sebagai orang tua harus memiliki kesabaran yang ekstra dalam menghadapi kondisi anak yang susah makan setidaknya sampai kembalinya nafsu makan si anak. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa di lakukan agar buah hati memiliki selera makan kembali, salah satu nya dengan memberi anak laperma platinum sebagai suplemen untuk meningkatkan nafsu makan nya. Menggunakan suplemen, apa kah aman untuk anak? Tentu saja aman karena pada dasar nya suplemen terbuat dari bahan alami, ada banyak jenis suplemen yang sudah beredar di pasaran yang semua nya aman untuk di konsumsi, seperti suplemen asam lambung untuk penyakit maag yang juga sudah saya review, termasuk suplemen untuk meningkatkan nafsu makan, dan masih banyak lagi yang lain nya. seperti tema artikel kita kali ini "cara mengatasi anak susah makan dengan sebotol Laperma™ Platinum " , itu dia caranya buat orang tua yang sedang menghadapi buah hati nya y

Review Moto E3 power

REVIEW MOTO E3 Siapa yang menyangka ternyata di balik penampilan nya yang sederhana Lenovo Moto E3 power menyimpan spesifikasi yang luar biasa sebagai smarttphone yang di jual dengan harga terjangkau, berikut kita jabarkan tentang spesifikasi moto E3 power ini : Mengikuti perkembangan layanan internet di indonesia Moto E3 power ini hadir dukungan koneksi 4G yang mampu melesat kencang saat anda melakukan browsing di internet, selain itu moto E3 ini juga di dukung dengan processor Quad core berkecepatan 64-bit, dan 2gb RAM yang membuat anda leluasa saat mengoperasi berbagai aplikasi atau game berat, performa moto E3 ini menjamin anda bisa dengan mudah menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan seperti mendengarkan musik sambil mengedit foto, atau menulis pesan/email sekalian nonton di youtube, hal ini bisa terjadi tanpa halangan di Lenovo Moto E3 ini. Baterai tahan lama 3500 Mah dengan teknologi Rapid charge Satu hal lagi yang menjadi keistimewaan dari moto

Tips agar tidak tertipu review palsu saat belanja online

Sekarang hampir semua orang sudah pernah melakukan nya, mungkin memang karena butuh atau Cuma gengsi dan mengikuti trend, terlepas dari apapun alasan kita belanja online kita juga harus ber hati-hati dengan nama nya review palsu di tempat anda belanja, melihat review dan ulasan yang semua nya positif tentang yang menerangkan bahwa toko tersebut adalah toko terpercaya, tidak ada penipuan, pelayanan yang baik dari pemilik toko. Melihat review dan ulasan yang serba baik dan positif tentu anda menjadi tidak ragu untuk berbelanja di toko tersebut,, eitsss… tunggu dulu apa semua review tersebut benar benar di buat atau di kirim oleh pelanggan toko tersebut ? bagaimana kalau pemilik toko nya membuat akun palsu lalu berpura-pura menjadi pelanggan toko tersebut lalu mengirimkan ulasan dan review positif untuk menarik anda agar mau berbelanja di toko online milik nya. Atau ada kompetitor atau pesaing dari toko tersebut yang sengaja pura-pura jadi pembeli lalu memberikan review dan ulasa