Skip to main content

Review langkah menanam cabai 4

SYARAT TUMBUH

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai Faktor-faktor ltu, antara lain, iklim, tinggi rendah- nya letak geografis, kesuburan tanah, dan faktor biotik, seperti gangguan hama, patogen, dan turnbuhan pengganggu.

A Faktor Iklim
Faktor iklim yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman caba meliputi sinar matahari, curah hum, kelembapan, suhu udara, angin, dan penguapan. Tanaman cabai sangat memerlukan sinar matahari. Apabila kurang mendapatkan sinar matahari di pesemaian atau pada awal per- turnbuhannya, tanaman cabai akan mengalami etiolasi, jumlah cabang sedikit, dan akibatnya buah cabai yang dihasilkan juga berkurang karena bunga cabai akan muncul dari setiap cabang. Jadi, tanaman cabai yang semakin banyak cabangnya akan semaktn lebat buahnya. Kecuali cabai rawit, jenis cabai yang Iain sangat tidak tahan terhadap curah hujan. Curah hujan yang tinggl pada saat tanaman cabai merah keriting, cabai merah besar, paprika sedang berbunga akan mengakibatkan kegagalan dalam panen. Menanam cabai merah atau paprika harus memperhitungkan waktu yang tepat. Misalnya, menanam cabai merah pada akhir musim hujan (kira-kira bulan Maret atau April) sehingga tanaman berbunga dan berbuah tepat pada musim kemarau. Di daerah tertentu orang menanam cabai di rumah plastik atau rumah kaca untuk meng- hindari hujan. Walaupun biaya penanaman cukup tinggi, hasil pemasukan juga berlipat ganda sebab harga cabai pada musim hujan dapat menjadi dua atau tiga kali lipat daripada musim kemarau. Tanaman cabai dapat tumbuh di daerah yang mernpunyai kelembapan udara yang tinggi sampai sedang. Kelernbapan udara yang terlalu rendah akan mengurangi produksi cabai. Suhu rata-rata yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai adalah18 derajat celcius s/d 30 derajat celcius. Suhu udara yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan turunnya produksi Angin yang bertiup kencang juga akan merusak tanaman cabai. Ttupan angin yang kencang akan mematahkan ranting, menggugurkan bunga dan buah, bahkan dapat merobohkan tanaman. Penguapan yang tinggi dapat menyebabkan produksi cabai menurun. Untuk mengurangi faktor penguapan, tanaman cabai disiram dua atau tiga kali seari.

 B. Tinggi Rendahnya Letak Geografis Tanaman cabai dapat tumbuh dengan baik dib dataran rendah atau di dataran tinggi. Dengan kata Iain, tanaman cabai tidak membutuhkan suatu ketinggian tempat yang khustts untuk per- turnbuhannya. Tlnggi rendahnya suatu tempatudara dan kelembapan udara. Perbedaan ke lembapan udara dan suhu yang cukup besar sangat penting untuk pertumbuhan cabai. Misal- nya, di daerah dataran rendah yang suhunya tinggi harus diimbangi dengan kelembapan udara yang tinggi pula.

 C. Kesuburan Tanah Kesuburan tanah sangat penting untuk tanaman cabai. Selain sebagai penyangga akar, tanah Juga berfungsi sebagai penyedia air, zat hara, dan udara bagi pernapasan akar tanaman. Tanah yang subur dapat menyebabkan penumbuhan dan perkembangan tanaman secara optimal. Faktor-faktor yang menyuburkan tanah adalah kandungan air, bahan organik, batuan induk, suhu, organisme tanah, keasaman tanah, struktur dan teksturtanah, serta kelengkapan dan ketersediaan zat-zat hara.

 Tanaman cabai tidak memerlukan struktur tanah yang khusus. Tanah yang banyak mengandung bahan organik, baik dari jenis tanah liat maupun jenis tanah pasir sangat baik untuk perturnbuhan tanaman. Penambahan unsur hara, seperti pupuk kandang atau kompos, sangat diperlukan tanaman cabai. Biasanya, pupuk ini diberikan pada saat sebelum menanam Tanaman cabai tumbuh baik pada keasaman tanah (pH) 5,0-7,5 Pada keasaman tanah yang sangat rendah, yaitu sekitar pH 4,0, tanaman cabai masih dapat tumbuh dengan baik, tetapi produksi buah agak berkurang karena beberapa unsur hara akan sulit diserap. Pemberian kapur untuk meningkatkan pH jarang dilakukan pada penanaman cabai karena dengan pemupukan TSP yang cukup untuk pupuk dasar sudah dapat meningkatkan pH. Tanah yang lembap tetapi tidak tergenang air sangat cocok untuk tanaman cabai. Pada tanah yang bersifat liat, seperti tanah persawahan harus dibuat bedengan-bedengan agar tanaman cabai tidak tergenang air. Pada tanah yang ber- sifat pasir, atau pada tanah yang poreus, tidak pedu dibuatkan bedengan, tetapi sebulan sekali tanah hams dibumbun kembali agar akar cabal tetap dalam keadaan tertimbun.

D. Faktor Biotik Selain faktor-faktor abiotik, yaitu iklim dan tanah, yang perlu diperhatikan juga faktor biOtik.Hama, patogen, dan gulma adalah faktor biotik yang sering menggagalkan panenan cabai.

Comments

Popular posts from this blog

Cara mengatasi anak susah makan dengan sebotol Laperma platinum

Orang tua mana yang tak khawatir jika buah hati nya tidak mau makan, sebagai orang tua harus memiliki kesabaran yang ekstra dalam menghadapi kondisi anak yang susah makan setidaknya sampai kembalinya nafsu makan si anak. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa di lakukan agar buah hati memiliki selera makan kembali, salah satu nya dengan memberi anak laperma platinum sebagai suplemen untuk meningkatkan nafsu makan nya. Menggunakan suplemen, apa kah aman untuk anak? Tentu saja aman karena pada dasar nya suplemen terbuat dari bahan alami, ada banyak jenis suplemen yang sudah beredar di pasaran yang semua nya aman untuk di konsumsi, seperti suplemen asam lambung untuk penyakit maag yang juga sudah saya review, termasuk suplemen untuk meningkatkan nafsu makan, dan masih banyak lagi yang lain nya. seperti tema artikel kita kali ini "cara mengatasi anak susah makan dengan sebotol Laperma™ Platinum " , itu dia caranya buat orang tua yang sedang menghadapi buah hati nya y

Review Moto E3 power

REVIEW MOTO E3 Siapa yang menyangka ternyata di balik penampilan nya yang sederhana Lenovo Moto E3 power menyimpan spesifikasi yang luar biasa sebagai smarttphone yang di jual dengan harga terjangkau, berikut kita jabarkan tentang spesifikasi moto E3 power ini : Mengikuti perkembangan layanan internet di indonesia Moto E3 power ini hadir dukungan koneksi 4G yang mampu melesat kencang saat anda melakukan browsing di internet, selain itu moto E3 ini juga di dukung dengan processor Quad core berkecepatan 64-bit, dan 2gb RAM yang membuat anda leluasa saat mengoperasi berbagai aplikasi atau game berat, performa moto E3 ini menjamin anda bisa dengan mudah menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan seperti mendengarkan musik sambil mengedit foto, atau menulis pesan/email sekalian nonton di youtube, hal ini bisa terjadi tanpa halangan di Lenovo Moto E3 ini. Baterai tahan lama 3500 Mah dengan teknologi Rapid charge Satu hal lagi yang menjadi keistimewaan dari moto

Tips agar tidak tertipu review palsu saat belanja online

Sekarang hampir semua orang sudah pernah melakukan nya, mungkin memang karena butuh atau Cuma gengsi dan mengikuti trend, terlepas dari apapun alasan kita belanja online kita juga harus ber hati-hati dengan nama nya review palsu di tempat anda belanja, melihat review dan ulasan yang semua nya positif tentang yang menerangkan bahwa toko tersebut adalah toko terpercaya, tidak ada penipuan, pelayanan yang baik dari pemilik toko. Melihat review dan ulasan yang serba baik dan positif tentu anda menjadi tidak ragu untuk berbelanja di toko tersebut,, eitsss… tunggu dulu apa semua review tersebut benar benar di buat atau di kirim oleh pelanggan toko tersebut ? bagaimana kalau pemilik toko nya membuat akun palsu lalu berpura-pura menjadi pelanggan toko tersebut lalu mengirimkan ulasan dan review positif untuk menarik anda agar mau berbelanja di toko online milik nya. Atau ada kompetitor atau pesaing dari toko tersebut yang sengaja pura-pura jadi pembeli lalu memberikan review dan ulasa